Find Us On Social Media :

Tuding WHO Terlalu Berkiblat ke China dalam Penanganan Virus Corona, Trump Resmi Hentikan Dana untuk Lembaga Ini

Kecewa dengan sikap WHO yang dinilai lebih memikirkan kepentingan China, Trump resmi menghentikan dana AS untuk lembaga kesehatan PBB ini.

GridHEALTH.id - Presiden AS Donald Trump mengatakan ia telah menginstruksikan pemerintahannya untuk menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dia mengatakan WHO telah "gagal dalam tugas dasarnya" dalam tanggapannya terhadap wabah virus corona.

Dia menuduh badan kesehatan PBB itu salah kelola dan menutupi penyebaran virus setelah muncul di China, dan mengatakan hal ini harus dimintai pertanggungjawaban. Trump sebelumnya menuduh WHO bias terhadap China.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Trump mengatakan dirinya telah memerintahkan pemerintahannya untuk menghentikan pendanaan selagi "peninjauan dilakukan untuk menilai peran WHO dalam salah kelola yang parah dan menutupi penyebaran virus Corona."

"WHO gagal dalam tugas dasarnya dan harus bertanggung jawab," tambahnya.

Menanggapi pernyataan Trump, Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengatakan sekarang bukan saatnya untuk memotong sumber daya bagi WHO.

Baca Juga: 9 Jenis Makanan Ini Jadi Sumber Imunitas Alami Hadapi Virus Corona

Baca Juga: Resep Vietnam Atasi Pandemi Virus Corona Hingga Tak Ada Korban Jiwa

 

AS adalah penyandang dana tunggal terbesar WHO, menyediakan $ 400 juta (£ 316 juta) tahun lalu - hanya di bawah 15% dari total anggarannya.