Find Us On Social Media :

Sering Sariawan di Saat Puasa, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Salah satu cara mengatasi sariawan di saat puasa adalah berbuka dengan jus tomat yang kaya vitamin C.

GridHEALTH.id Munculnya sariawan saat berpuasa sebenarnya adalah akibat melonjaknya populasi bakteri di dalam mulut akibat tidak mengasup makanan apapun dalam waktu yang relatif lama.  

Saat perut kosong, asam lambung biasanya naik. Pengaruhnya juga bisa dirasakan pada mulut, populasi mikroba dalam mulut meningkat.

Mikroba, lanjut dia, lebih menyukai kondisi mulut yang masam. Dengan kondisi seperti itu, mereka dapat berkembangbiak dengan cepat.

Ditambah lagi, karena tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam waktu yang cukup lama, daya tahan tubuh sedikit mengalami penurunan. Lalu bakteri akan lebih mudah memicu peradangan dan timbul lah sariawan.  

Asal tahu saja, dalam kondisi normal, di dalam mulut terdapat sekitar 200 macam mikroba. Sehingga ketika seseorang berpuasa dan kurang menjaga kebersihan mulut maka peradangan lebih mudah terjadi.  

Peradangan pun tidak hanya terjadi pada mulut yang menimbulkan sariawan, tetapi juga pada tenggorokan. Itulah kenapa saat berpuasa, nyeri tenggorokan juga kerap terjadi.

Baca Juga: Ini Dia Panduan Singkat Cara Hilangkan Luka Sariawan di Bibir

Baca Juga: Virus Corona Memang Bukan Main, Selain Menginfeksi Paru-paru, Ginjal dan Hati Juga Diserang

Selama mengalami sariawan ketika berpuasa, kita disarankan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.