Find Us On Social Media :

Dokter Ini Anjurkan Zinc Untuk Perkuat Imunitas Hadapi Virus Corona

Makanan laut, seperti udang dan kerang menjadi sumber zinc yang memperkuat imunitas melawan virus corona.

GridHEALTH.id - Seorang dokter yang rajin membagi tweet kesehatan @dr_koko28 yang adalah dr. Andi Khomeini Takdir mengusulkan kepada pemerintah tentang pencegahan virus corona.

Untuk memenangkan pertempuran melawan pandemi Covid-19, hendaknya pemerintah mengajak masyarakat biasakan mengonsumsi probiotik, memberikan vaksinasi BCG untuk memicu kekebalan adaptif, dan membagikan suplemen zinc kepada masyarakat.

Menurut dokter Koko, salah satu zat yang harus dikonsumsi namun belum banyak diketahui adalah makanan yang mengandung zinc atau seng.

Zinc merupakan mineral penting yang terlibat di dalam produksi sel-sel kekebalan tubuh. Kekurangan zinc dapat menyebabkan respons imun yang melemah.

Suplemen zinc dapat merangsang sel kekebalan tertentu dan mampu mengurangi stres oksidatif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 80-92 mg zing per hari dapat mengurangi lamanya flu hingga 33%.

Tidak hanya itu, suplemen zinc dapat mengurangi risiko infeksi dan meningkatkan respons kekebalan pada orang yang lebih tua secara signifikan. Termasuk kekebalan pada virus corona.

Baca Juga: Setelah Mendengar Pendapat Ahli, Anies Resmi Perpanjang PSBB Hingga 22 Mei 2020

Baca Juga: Profesor Nidom Temukan 3 Ramuan Atasi Virus Corona, Seperti Apa?

Menurut European Journal of Immunology, tubuh setiap manusia membutuhkan zinc untuk mengaktifkan limfosit T (sel T).