Find Us On Social Media :

Kebutuhan Air Minum Saat Puasa , Sahur Wajibnya Berapa Gelas?

Kebutuhan air minum selama puasa harus terbagi di antara waktu berbuka hingga sahur untuk menghindari dehidrasi.

GridHEALTH.id - Di masa puasa, para ahli kesehatan menyarankan kita tak lupa mencukupi kebutuhan sebanyak 2 liter air atau setara 8 gelas per hari.

Kalau tidak bisa mengatur asupan air selama berpuasa, maka kita akan sering merasa haus saat berpuasa. Apalagi masih ada masalah-masalah lain seperti bibir kering dan pecah-pecah, serta merasa lemas.

Minum air putih di bulan puasa dapat dipenuhi dengan beberapa trik. Dengan melakukan trik ini, kita bisa mencukupi asupan cairan yang kita perlukan selama seharian berpuasa.

Kita bisa mencoba trik trik minum air putih saat puasa ini pada waktu tertentu dengan volume air tertentu pula.

Untuk memenuhi kebutuhan air harian kita di bulan puasa, waktu berbuka dan waktu sahur akan menjadi waktu yang krusial. Karena pada waktu-waktu inilah kita bisa mengonsumsi atau minum air putih.

"Dua gelas saat sahur, 6 gelas saat berbuka puasa dan setelahnya," ujar Spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Carolus, dr. Laurentius Aswin Pramono, SpPD, di Jakarta, seperti dilansir Antara

Baca Juga: Virus Corona, Bisakah Bertahan Hidup di Air Minum? Ini Penjelasannya.

Baca Juga: Sering Sendawa? Waspadai Adanya Gejala Penyakit Ini!

 

Lebih lanjut, pembagiannya dapat dilakukan dengan meminum 1 gelas air tak lama usai bangun sahur, 1 gelas saat sahur, 1 gelas setelah sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah salat magrib.