Find Us On Social Media :

Membuat Ketupat Sendiri dengan Beras Pulen, Anti Gagal dan Anti Basi

Ketupat selalu dihidangkan saat lebaran. Ikuti tips membuat ketupat anti gagal dan anti basi.

GridHEALTH.id - Ketupat seperti sudah menjadi sajian wajib dalam menyamut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia. Masyarakat umumnya membuat ketupat sendiri di rumah, tapi ternyata membuat ketupat tidak semudah yang dikira.

Ada yang bantat, berair hingga mudah busuk. Jika ingin membuat ketupat waktu lebaran nanti, dan ingin ketupatnya tahan lama dan tidak gagal bisa menyimak beberapa cara berikut ini:

1. Pilih selongsong ketupat dengan warna hijau cerah

Anyaman selongsong ketupat yang berwarna hijau cerah menandakan daun tersebut berasal dari daun kelapa yang masih muda. Daun yang masih muda dan segar tidak mudah rusak dan patah ketika direbus bersama beras. Jadi ketupat yang dihasilkan akan lebih enak, empuk dan tahan lama.

Baca Juga: Berbuka Puasa dengan Gorengan, Padahal 1 Potong Setara 200 Kalori!

Baca Juga: Banyak Pemalsuan Daging Babi Menjadi Daging Sapi, Ternyata Ini Risikonya Mengonsumsi Daging Babi Menurut Ahli Gizi

2. Perhatikan takaran beras

Beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya direndam selama 30 menit lalu ditiriskan terlebih dahulu. Jika menggunakan beras pulen, sebaiknya ketupat diisi setengah hingga dua per tiga bagian, karena beras pulen akan mengembang dengan sempurna.