Find Us On Social Media :

Pemerintah China Berjanji Akan Membagikan Vaksin Virus Corona Bila Sudah Ditemukan, WHO Mendukung Penuh

Pemerintah China berjuang menemukan vaksin virus corona dan berjanji akan membagikannya pada masyarakat dunia.

 

GridHEALTH.id - Presiden Cina Xi Jinping berjanji untuk membuat vaksin virus corona secara universal tersedia begitu dikembangkan, bagian dari upaya untuk meredakan kritik terhadap tanggapan pemerintahnya terhadap pandemi yang telah menewaskan lebih dari 315.000 orang di seluruh dunia.

Dalam pidatonya hari Senin (18/05/20) di hadapan Majelis Kesehatan Dunia, badan pemerintahan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bermarkas di Jenewa, Xi menyerukan kerjasama internasional yang lebih besar dalam memerangi pandemi.

Dia juga mengatakan China akan menyediakan $ 2 miliar dollar US selama dua tahun untuk mendukung perjuangan.

"Pengembangan dan penyebaran vaksin Covid-19 di China, jika tersedia, akan dijadikan barang publik global, yang akan menjadi kontribusi China untuk memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang," kata Xi melalui video.

China mendapat kecaman dari AS, Uni Eropa, dan Australia atas penanganan awalnya atas wabah itu dan selanjutnya menanggapi dengan keras terhadap setiap kritik.

Dukungan penuh Xi terhadap WHO berbeda dengan langkah pemerintahan Trump untuk menangguhkan pendanaan bagi badan kesehatan global setelah menuduhnya bias terhadap Cina.

Baca Juga: Jantung Berdetak Lebih Cepat? Lakukan 3 Cara Agar Jantung Lebih Sehat

Baca Juga: Berlebaran Asyik Menyantap Masakan Pedas, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh

Janji Xi untuk membuat vaksin apa pun tersedia secara universal muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa negara-negara akan mengutamakan kepentingan nasional dalam upaya mendapatkan suntikan pelindung, yang dipandang sebagai kunci untuk membuat ekonomi bergerak kembali.