Find Us On Social Media :

Kabar Baik, Sejumlah Wilayah Indonesia Tunjukkan Covid-19 Terkendali

Satgas Covid-19 sebut di beberapa daerah di Indonesia, Covid-19 sudah terkendali.

GridHEALTH.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 melihat situasi COVID-19 sudah mulai terkendali di beberapa provinsi. Gambaran ini dinilai bagus, yang mana tidak penambahan kasus dengan jumlah yang besar. 

Kabar menggembirakan ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia Achmad Yurianto.

 "Tidak ada lagi penambahan kasus COVID-19 secara signifikan. Kemudian tidak ada lagi perluasan wilayah yang terdampak dan penularan lokal yang tidak terkendali. Artinya, daerah-daerah ini dapat dikatakan sudah mulai terkendali COVID-19-nya," terang Yuri saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (27/5/2020), dikutip dari Kompas.com. 

"Dari gambaran itu, sudah boleh mulai kami sarankan untuk dilakukan relaksasi pada beberapa peraturan, tanpa meninggalkan aspek protokol kesehatan. Tentunya, untuk tetap menjamin agar aman dari COVID-19." 

Lebih lanjut, Yuri menambahkan, gambaran COVID-19 yang mulai terkendali di atas merupakan hasil rapat yang didiskusikan pada aspek-aspek epidemiologi. 

"Kami mendiskusikan di dalam kaitan in terkait dengan aspek epidemiologi. Kita sudah melakukan kajian yang cukup panjang dari data-data yang ada. Beberapa provinsi di Tanah Air telah menunjukkan gambaran Covid-19 yang terkendali. Tapi masih akan kami tindak lanjuti lagi," tambah Yuri.

Baca Juga: Surabaya Bisa Jadi Wuhan, Dokter yang 'Curhat' Penanganan Covid-19 Malah Akan Diproses Kode Etik

Baca Juga: WHO Surati Indonesia, 'Jangan Pakai Lagi Chloroquine dan Hydroxychloroquine Untuk Obati Pasien Covid-19'

 

Meskipun gambaran Covid-19 mulai terkendali, protokol-protokol kesehatan di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat tetap ditaati. Dalam hal ini, kita harus menuju pada masyarakat yang produktif, tapi aman dari Covid-19.