Find Us On Social Media :

Heboh Obat Kumur PVP-I Ampuh Bunuh Virus Corona dalam 30 Menit, Begini Faktanya

Obat kumur bunuh virus corona hampir 100%

GridHEALTH.id -  Belakangan ini, viral sebuah obat kumur dengan kandungan antiseptik yang konon dapat membunuh virus corona hingga hampir 100%.

Obat kumur tersebut rupanya mengandung Povidone Iodine (PVP-I).

Baca Juga: Penyakit Gigi dan Mulut; 8 Tips untuk Hilangkan Bau Mulut saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Melansir laman Kompas.id, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan, antiseptik dengan Povidone Iodine (PVP-I) bisa digunakan untuk menjaga kebersihan diri, terutama menjaga kebersihan mulut dan saluran pernapasan yang menjadi pintu masuk virus Sars-CoV-2.

Ini sesuai dengan protokol kesehatan yang disarankan oleh Kirk-Bayley, konsultan layanan intensif dan ahli anastersi dari The Royal Surrey County Hospital, Inggris.

”Selain alat pelindung diri, penggunaan PVP-I untuk tenaga kesehatan dan pasien dianjurkan untuk meminimalkan risiko penyebaran Covid-19 sebagai tambahan. PVP-I telah diketahui efektif dan aman sebagai obat kumur dan semprot hidung untuk mencegah penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19 di dalam tubuh,” tuturnya di Jakarta, Senin (1/6/2020).

Baca Juga: Asal Mula Infeksi Covid-19 di Bekasi Terlacak, Berawal dari Istri Pedagang Martabak Lalau ke Pelanggan, Akhirnya Menyebar

Lantas benarkah obat kumur tersebut bisa membunuh virus corona dalam waktu 30 detik saja?