Find Us On Social Media :

Warna Urine Bisa Deteksi Awal Gejala Virus Corona? Ini Kata Ahli

Warna dan bau urine bisa menjadi tanda awal virus corona bila disertai gejala lain

GridHEALTH.id - Gejala kemunculan virus corona yang umum meliputi batuk persisten, demam tinggi hingga sesak napas. Tapi, banyak pula gejala lain yang bisa jadi tanda infeksi virus corona.

Belum lama ini para dokter di rumah sakit daerah di Conventry di Inggris menemukan, bahwa pasien  bisa mendeteksi diri sendiri bila dirinya rentan terinfeksi virus corona Covid-19 dengan melihat warna urine.

Urine yang berwarna kuning atau gelap bisa jadi tanda virus corona Covid-19, karena infeksi virus menyebabkan dehidrasi.

Sebelumnya seorang dokter dari Italia, dimana kasus Covid-19 di negara tersebut sangat tinggi, juga sudah memperingatkan urine yang berbau menyengat dan lebih sedikit juga mungkin pertanda virus corona Covid-19.

Sedangkan dehidrasi yang menyebabkan perubahan warna urine membutuhkan perawatan medis segera. Terlebih, bila perubahan warna urine disebabkan oleh virus corona Covid-19.

Maka pasien harus menjalani pengobatan untuk mencegah gejala virus corona Covid-19 semakin parah. Pasien juga perlu membicarakannya pada dokter bila dehidrasi tidak teratasi setelah perawatan medis.

Baca Juga: Penularan Bukan Dari ASI, Ibu Positif Virus Corona Tetap Bisa Menyusui

Baca Juga: Makanan Keasinan, Begini Cara Mengurangi Kelebihan Garam dalam Makanan

Sebelumnya, Dr. Michael Ryan, Executive Director, WHO Health Emergencies Programme dalam berbagai pesan tentang virus corona mengatakan, "Sebagian besar pasien memiliki gejala ringan dan tidak memerlukan rawat inap. Tapi mereka tetap harus tinggal di rumah, istirahat dan menghindari kontak fisik dengan orang lain," katanya dikutip dari laman WHO.