Find Us On Social Media :

Cegah Infeksi Virus Corona Pada Bayi, Wajib Perhatikan Hal Penting Ini

Hindari memberikan bayi kepada orang lain karena bisa menjadi sumber penularan virus corona.

GridHEALTH.id - Bertubuh mungil dan menggemaskan, bayi sering kali menjadi incaran para orang dewasa. Bagaimana tidak, bermain bersama bayi adalah hal yang menyenangkan sekaligus menyejukkan hati.

Namun jangan keliru, jika sembarangan memberikan bayi kepada orang lain bisa-bisa menyebabkan sang bayi mengidap penyakit, terlebih dengan kondisi saat ini yang mana virus corona sedang gencar-gencarnya menyerang sistem pertahanan imun manusia.

Ya, bukan hanya orang tua atau lanjut usia ataupun komorbid, bayi pun rentan terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Pilih Merawat Bayi Positif Covid-19 di Rumah hingga Sembuh, Tenaga Medis Sampai Tak Percaya dengan Perubahan yang Dialami Sang Bayi

Dr. Camille Sabella, MD, Direktur Pusat Penyakit Menular Anak di Cleveland Clinic Children menyebut, bayi baru lahir rentan terhadap penyakit hal itu dikarenakan sistem imun yang masih lemah.

“Sistem kekebalan bayi belum matang hingga sekitar 2 sampai 3 bulan. Dalam beberapa bulan pertama, sistem kekebalan tubuh, terutama kekebalan yang diperantarai sel menjadi lebih berkembang. Ini sangat penting dalam membantu anak melawan virus.” ujar Dr, Camille.

Baca Juga: 3 Bayi Berusia 4 Bulan Dinyatakan Positif Virus Corona Covid-19

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), data menunjukkan bahwa bayi di bawah 12 bulan mungkin berisiko lebih tinggi untuk penyakit parah akibat Covid-19 dibandingkan dengan anak yang lebih tua.