Find Us On Social Media :

Diklaim Sembuhkan Pasien Covid-19, Tapi Obat Dexamethasone Tidak Membunuh Virus, Ini Pernyataan Dekan Fakultas Kedokteran UNS

Obat Dexamethasone ternyata tidak membunuh virus atau bakteri.

GridHEALTH.id - Diklaim Sembuhkan Pasien Covid-19, Tapi Obat Dexamethasone Tidak Membunuh Virus, Ini Pernyataan Dekan Fakultas Kedokteran UNS 

Beberapa waktu terakhir obat dexamethasone menjadi perbincangan hangat dan disebut sebagai obat dewa lantaran diklaim mampu menyembuhkan pasien Covid-19.

Hal itu terungkap setelah 5000 pasien positif virus corona yang diuji peneliti dari Universitas Oxford sembuh usai diberikan obat dexamethasone.

Obat tersebut sukses mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan kondisi parah.

Baca Juga: Inilah Orang yang Akan Mendapatkan 10 Vaksin Virus Corona Perdana yang Sudah Disiapkan WHO

Dikutip dari drugs.com, dexamethasone merupakan obat yang masuk ke dalam golongan kortikosteroid. Obat dexamethasone digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan seperti gangguan alergi dan kondisi kulit.

Selain itu, dexamethasone juga digunakan untuk mengobati kolitis ulserativa, radang sendi, lupus, psoriasis, dan gangguan pernapasan.

Meski dikatakan mampu menyembuhkan dan mengobati pasien Covid-19, tapi tahukah ternyata obat dexamethasone ini tidak bisa membunuh virus.

Hal itu disampaikan langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dr Reviono SpP saat memberikan keterangan pers, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga: Jangan Keliru, Dexamethasone Bukan Penangkal Corona Tetapi Mengobati Pasien Covid-19 dengan Kondisi Kritis