Find Us On Social Media :

Seorang Psikiater Ajarkan Kenali Gejala 'Palsu' Covid-19 Akibat Ketakutan Berlebihan

Membaca berita-berita tentang Covid-19 di media terkadang menimbulkan ketakutan berlebihan sehingga muncul gejala psikosomatis khawatir tertular penyakit ini.

GridHEALTH.id – Tidak dapat disangkal bahwa membaca berita-berita mengenai Covid-19 bagi sebagian orang menimbulkan kecemasan tersendiri.

Ini terlihat kalau tubuhnya sedikit merasa tidak enak, langsung pikirannya mengarah kepada penyakit yang belum ada obatnya ini.

Gangguan psikosomatik ini bisa terjadi pada orang yang sehat kemudian menjadi merasakan seperti sakit, atau orang yang sakit ringan.

Tidak hanya orang sehat, setiap individu yang sudah memiliki gangguan kesehatan bawaan seperti hipertensi dan diabetes pun bisa mengalami gejala psikosomatik dan mempengaruhi kesehatannya.

"Psikosomatik bisa memicu penyakit yang sudah ada, bagi yang memiliki darah tinggi bisa menjadi tidak terkontrol, yang memiliki diabetes gula darahnya bisa tidak terkontrol," kata dokter Rudi Putranto, Sp.PD(K)-Psi .

Ia menyebutkan, gejala mirip Covid-19 yang berasal dari kecemasan seseorang bisa hilang dengan sendirinya jika orang tersebut menenangkan diri dan merelaksasi tubuh.

Baca Juga: Bangga, Ada Orang Indonesia Jadi Pakar PCR Covid-19 di Inggris

Baca Juga: Duplikasi Virus Makin Mengganas, WHO Syaratkan Masker Kain Harus 3 Lapis

Dokter Rudi Putranto adalah dokter dari Divisi Psikosomatik dan Paliatif Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.