Find Us On Social Media :

Dukungan Penyintas Pada Pasien Kanker Payudara Bantu Proses Penyembuhan

Dukungan penyintas (survivor) kanker payudara pada pasien yang menderita kanker membantu penyembuhan.

 

GridHEALTH.id - Indonesian Cancer Information and Support Center Association (CISC) membentuk program Patient Navigator (PN) dengan mengajak para penyintas kanker yang  telah terlatih untuk membantu pasien kanker selama proses penyembuhan. 

Ketua Umum CISC Aryanthi Baramuli Putri mengatakan, “Peserta program Focus Group kanker payudara stadium lanjut (mBC) diharapkan dapat menjadi Patient Navigator yang bertugas mendampingi penyintas kanker, khususnya kanker payudara stadium lanjut, sehingga mereka dapat hidup lebih berkualitas, berarti dan bersemangat.  Sejalan dengan program pemerintah, kami juga mendorong upaya deteksi dini kanker payudara.” 

Dalam program mBC Focus Group yang didukung oleh PT Pfizer Indonesia, CISC memberikan kesempatan kepada 30 anggota CISC yang aktif dan atau sudah pernah  mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh CISC maupun Perhimpunan Onkologi Indonesia dan Perhimpunan Onkologi Radiasi Indonesia untuk menjadi Patient Navigator.

Peran Patient Navigator diantaranya memberi dukungan psikososial dan informasi kepada pasien kanker dan keluarganya tentang perjalanan kanker dan pengobatannya mulai dari deteksi dini, diagnosis dan rangkaian pengobatan medis kanker, sehingga pasien dapat memahami terapi sesuai stadiumnya. 

Salah satu mBC Focus Group CISC baru-baru ini adalah program edukasi bertajuk “Memilih terapi Kanker Payudara Sesuai Stadiumnya” dengan narasumber dr. Nadia Mulansari, SpPD-KHOM (Konsultan Hematologi-Onkologi Medik).

Dr. Nadia Mulansari, SpPD-KHOM menjelaskan bahwa secara umum, kanker payudara adalah kondisi dimana terdapat perkembangan sel yang berlebihan, dari yang  awalnya normal menjadi tidak normal dimana sel membelah secara cepat dan berkali-kali dan kemudian membentuk benjolan di area payudara.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Pare Efektif Jadi Obat Diabetes dan Hentikan Sel Kanker Payudara

Baca Juga: Gelombang Kedua Menyerang Kota Suci, Betlehem Kembali Umumkan Lockdown

Itu sebabnya disebut kanker payudara karena letaknya berada di permukaan kulit di area payudara. Tak hanya pada wanita, pria juga berpontensi memiliki benjolan di payudara.