Find Us On Social Media :

Info Untuk Wanita, Begini Pembagian Stadium Kanker Payudara dan Cara Pengobatannya

Pemeriksaan payudara dengan mamografi untuk mengetahui kondisi kesehatan payudara.

GridHEALTH.id - Kanker payudara merupakan jenis kanker dengan persentase kasus tertinggi di Indonesia. Tingginya kasus baru kanker berkaitan erat dengan faktor risiko kanker yang seharusnya dapat dicegah.

Beberapa faktor risiko umum yang bisa memicu timbulnya kanker payudara diantaranya adalah faktor gaya hidup seperti kurangnya konsumsi buah dan sayur, kurang aktivitas fisik, penggunaan rokok dan konsumsi alkohol berlebihan.

Selain itu, penyebab kanker payudara dapat timbul karena faktor hormon dan genetika, serta pengaruh lingkungan seperti polusi udara.

Dr. Nadia Mulansari, SpPD-KHOM di dalam program edukasi bertajuk “Memilih terapi Kanker Payudara Sesuai Stadiumnya”  menjelaskan bahwa secara umum, kanker payudara adalah kondisi dimana terdapat perkembangan sel yang berlebihan, dari yang  awalnya normal menjadi tidak normal dimana sel membelah secara cepat dan berkali-kali dan kemudian membentuk benjolan di area payudara.

Itu sebabnya disebut kanker payudara karena letaknya berada di permukaan kulit di area payudara. Tak hanya pada wanita, pria juga berpontensi memiliki benjolan di payudara.

Dari berbagai rentang usia, angka penderita kanker payudara di Indonesia cukup tinggi bila dibanding jenis kanker lainnya.

Temuan Kemenkes dari riset dengan sample 38,749 perempuan pada tahun 2018 mengindikasikan bahwa hanya sekitar 46% yang memiliki kesadaran dan keinginan melakukan pemeriksaan dini secara mandiri.

Baca Juga: Dukungan Penyintas Pada Pasien Kanker Payudara Bantu Proses Penyembuhan

Baca Juga: Warna Urine Bisa Deteksi Awal Gejala Virus Corona? Ini Kata Ahli

Selanjutnya hanya 4% yang mendatangi penyedia layanan kesehatan atau dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.