Find Us On Social Media :

Viral Air Kemasan Mengandung Zat Besi, Memang Bisa? Ini Kata BPOM

Sebuah merek air kemasan yang laris dipasaran dituding mengandung zat besi, tetapi dibantah oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

 

GridHEALTH.id – Sedang viral dimana sebuah video beredar di dunia maya tentang seorang pria yang katanya mengetes beberapa produk air mineral mengandung besi dan berbahaya apabila dikonsumsi. 

Di video tersebut, si pri  melakukan pengujian pada beberapa air mineral dalam sebuah gelas untuk melihat kadar besinya. Di situ, ia menyalakan lampu dengan mencelupkan adaptor ke tiga gelas air yang disebut berasal dari tiga mereka air mineral berbeda.

"Kalau ini Le Minerale, kandungan besinya sampai 1.400," kata pria itu mengklaim sembari mencelupkan adaptor dan menyalakan lampu dengan percobaan itu. "Kalau Aqua masih nyala tapi cuma 200," lanjut pria yang belum diketahui identitasnya itu.

Dalam percobaan lainnya, pria ini memasukkan sebuah alat ke dalam gelas berisi air Le Minerale untuk mencoba mengeluarkan kandungan besinya sehingga warna air menguning. "Gimana kita bisa sehat kalau yang diminum airnya paku direbus?" katanya.

"Makanya air mineral itu banyak yang bohong," ujarnya di video.

Melihat hal ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tak tinggal diam dan mengeluarkan klarifikasi terhadap kemunculan video tersebut. Dalam siaran pers yang mereka rilis beberapa waktu lalu yang juga diterima GridHEALTH.id, BPOM menyebut bahwa informasi tersebut menyesatkan.

Baca Juga: Sadar Akan Bahaya Sampah Plastik, Rayi Sebut RAN Sering Bawa Tumbler Saat Manggung

Baca Juga: Minta Perlindungan ke Rumah Aman, Gadis Ini Malah Dirudapaksa Pimpinannya, Beban Psikologis Buat si Anak 

"Saat ini terdapat empat jenis produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia yaitu Air Mineral, Air Demineral, Air Mineral Alami, dan Air Minum Embun dengan standar keamanan dan mutu yang spesifik untuk setiap produk, dan tidak dapat dibandingkan satu sama lain," tulis mereka dikutip dari laman resminya.