Find Us On Social Media :

Studi: Penderita Psoriasis Juga Berisiko Alami Penyakit Sendi

Penderita psoriasis berpotensi mengalami gangguan sendi yang bila tidak ditangani bisa membuat lumpuh.

GridHEALTH.id - Para peneliti telah menemukan bahwa protein bertanggung jawab atas peradangan kulit dan kerusakan seperti artritis pada pasien psoriasis. Gangguan kulit ini biasanya muncul di kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bagian bawah. 

Orang yang menderita psoriasis sering mengalami kondisi komorbid yang beragam, seperti psoriatic arthritis (PsA), yang dapat menyebabkan penyakit sendi yang parah dan melumpuhkan.

Diperkirakan sepertiga dari pasien dengan psoriasis mengembangkan arthritis psoriatik, tetapi alasan di baliknya belum jelas karena PsA dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Penting untuk mengidentifikasi kondisinya lebih awal, sebelum terlalu banyak kerusakan pada tulang, tendon, dan persendian. 

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Investigation kini mengungkapkan hubungan antara psoriasis dan penyakit sendi.

Tim peneliti, yang dipimpin oleh para peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Case Western Reserve (UCWR) , menemukan bahwa protein KLK6 yang menyebabkan peradangan kulit pada pasien psoriasis juga memainkan peran kunci dalam merusak sendi dan tulang di dalamnya.

Baca Juga: Gemuk Pemicu Psoriasis, Turun Berat Badan Akan Perbaiki Kualitas Hidup

Baca Juga: Kim Kardashian Penggemar Jus Seledri, Ini Manfaatnya Buat Tubuh

Dengan menghindari protein KLK6, dapt menghilangkan peradangan kulit dan bahkan memperbaiki kerusakan seperti artritis, kata Nicole Ward, PhD, peneliti utama studi ini dan seorang profesor nutrisi dan dermatologi di sekolah kedokteran UCWR.