Find Us On Social Media :

Mengapa Virus Corona Menyebar Sangat Cepat? Begini Penjelasan Ilmiah Sederhananya yang Mudah Dipahami

Virus corona dapat menular melalui transmisi udara

GridHEALTH.id - Mengapa Virus Corona Menyebar dengan Sangat Cepat? Begini Penjelasan Ilmiah Sederhananya yang Mudah Dipahami

Baca Juga: Droplet, Aerosol, Airborne yang Jadi Penularan Virus Corona, Apa Perbedaanya?

Usai virus corona pertama kali ditemukan di China dan mulai menyebar ke berbagai negara sehingga ditetapkan sebagai pandemi, kini wabah penyakit itu telah menginfeksi lebih dari 13 juta orang di dunia.

Meskipun berbagai negara telah melakukan upaya demi menekan angka penyebaran Covid-19, namun hingga saat ini tak sedikit negara yang justru melaporkan terjadinya peningkatan kasus virus corona di negaranya.

Baca Juga: Droplet, Aerosol, Airborne yang Jadi Penularan Virus Corona, Apa Perbedaanya?

Padahal, masyarakat dunia telah mengindahkan imbauan dan peraturan dalam beraktivitas sehari-hari, misalnya memakai masker, menerapkan jarak fisik, serta mencuci tangan.

Namun, mengapa virus menyebar begitu cepat?

Dikutip dari USA Today, penyebaran virus corona yang begitu cepat berujung pada angka reproduksi dasar, atau berapa banyak orang baru tertular virus dari satu orang yang terinfeksi.

Faktor kunci dalam mempelajari penyebaran penyakit adalah menentukan jumlah rata-rata orang baru yang akan terinfeksi oleh setiap orang dengan virus. Ini disebut R0, atau angka reproduksi dasar.

Ada banyak variabel yang dapat masuk ke dalam penghitungan R0, tetapi pada tingkat paling dasar melibatkan tiga angka.

Baca Juga: Begini Langkah Pencegahan Penularan Virus Corona yang Melayang di Udara, Tak Cukup Pakai Masker dan Cuci Tangan