Find Us On Social Media :

Update Covid-19; Untuk Pertama Kalinya Jepang Temukan Antibodi Penetralisasi Virus Corona

Sampel dari uji serologis, juga disebut tes antibodi

GridHEALTH.id - Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan pada hari Selasa (14/07/20), bahwa pihaknya telah menemukan antibodi penetral dalam sampel yang dikumpulkan dari delapan orang yang dites positif untuk virus corona dalam tes antibodi.

Hal ini menjadi pertama kalinya antibodi yang menetralkan virus corona dan membuat orang kebal terhadap infeksi, dan antibodi ini telah ditemukan pertama kali di Negara Matahari Terbit ini, seperti dilansir dari Japan Times. (15/07/20)

Baca Juga: 'Cita-cita' Herd Immunity Hadapi Covid-19 di Swedia Gagal, Hanya 7,3% Penduduk yang Punya Kekebalan, Malah Jumlah yang Mati Meningkat

Kementerian Kesehatan Jepang berencana untuk melakukan penelitian tentang berapa lama antibodi akan tetap efektif dalam mencegah infeksi pada tubuh manusia.

Ketika orang terinfeksi virus, tubuh mereka menciptakan antibodi, atau protein yang mampu menghalangi infeksi di masa depan dengan virus yang sama.

Nantinya, tes antibodi akan memeriksa apakah orang memiliki protein seperti itu.

Baca Juga: Waduh, Orang Amerika Ramai-ramai Keluar Rumah Cari Herd Immunity, Padahal Ini Bahayanya

Bulan lalu, kementerian kesehatan Jepang merilis hasil tes antibodi massal untuk virus corona yang dilakukan di prefektur timur laut Miyagi, Tokyo dan Osaka, menggunakan dua agen yang diproduksi oleh dua perusahaan asing yang berbeda.