Find Us On Social Media :

Studi: Anak-anak Berusia 10 hingga 19 Tahun Sebarkan Virus Corona Layaknya Orang Dewasa

Anak-anak yang lebih muda dari 10 tahun menularkan kepada orang lain jauh lebih jarang daripada orang dewasa, tetapi risikonya tidak nol.

GridHEALTH.id - Di tengah perdebatan soal pembukaan kembali sekolah di sejumlah negara, salah satunya Amerika Serikat yang menilai menutup sekolah berisiko terhadap kesehatan masyarakat yang lebih besar, terutama dalam hal kasus Covid-19.

Di lain sisi, hingga saat ini banyak sekolah yang tersebar di berbagai negara justru memilih untuk menutup sekolah-sekolah demi mencegah terjadinya penularan virus corona yang semakin meluas.

Dalam perdebatan tersebut, muncul satu pertanyaan 'apakah dan seberapa efisien anak-anak dapat menyebarkan virus ke orang lain'.

Baca Juga: Jelang Tahun Ajaran Baru, Pejabat Kesehatan AS: Menutup Sekolah Berisiko Sebabkan Kesehatan Masyarakat Lebih Besar

Sebuah penelitian baru dari Korea Selatan menawarkan jawaban: Anak-anak yang lebih muda dari 10 tahun menularkan kepada orang lain jauh lebih jarang daripada orang dewasa, tetapi risikonya tidak nol.

Sedangkan, mereka yang berusia antara 10 dan 19 tahun dapat menyebarkan virus setidaknya sama seperti orang dewasa, seperti dilansir dari Nypost.

Baca Juga: Waswas, Angka Kematian Akibat Covid-19 di Indonesia Sudah Di Atas Amerika Serikat

Temuan menunjukkan bahwa ketika sekolah dibuka kembali, masyarakat akan melihat kelompok infeksi berakar yang mencakup anak-anak dari segala usia, beberapa ahli memperingatkan.