Find Us On Social Media :

Jambu Biji dan Bayam, 2 Sumber Alami Menaikkan Trombosit dengan Cepat

Trombosit di dalam darah. Cara menaikkan trombosit dengan cepat bisa dari sumber alami.

GridHEALTH.id - Musim demam berdarah (DBD) tampaknya mulai muncul di saat pancaroba. Tak sedikit pasien yang kemudian dirawat.

Biasanya yang dikhawatirkan pada pasien DBD adalah trombosit turun yang bisa menimbulkan syok. Bila tidak ditangani segera dapat mengancam nyawa.

Penyebab trombosit turun bisa terjadi secara sementara maupun berkepanjangan. Penyebab trombosit turun sementara yang paling umum diketahui adalah demam berdarah dengue (DBD).

Infeksi virus HIV dan hepatitis juga bisa menyebabkan terjadinya trombosit turun. Selain itu, penyebab trombosit turun sementara lainnya adalah preeklamsia saat hamil, leukemia akut, efek samping obat kemoterapi, efek samping dari radioterapi, hingga sindrom hemolitik uremik. 

Sedangkan penyebab trombosit turun berkepanjangan umumnya adalah karena ITP (idiopathic thrombovytopenic purpura), sebuah ganguan yang diduga terjadi akibat sistem kekebalan tubuh keliru menyerang dan menghancurkan trombosit, sehingga jumlahnya berkurang.

Baca Juga: Wajib Tahu, Mitos Tentang Demam Berdarah Dengue yang Perlu Diluruskan

Baca Juga: Ingin Kulit Wajah Glowing Wanita Ini Pakai Masker Darah Haid

Penyebab trombosit turun berkepanjangan juga bisa terjadi karena kecanduan alkohol, penyakit liver, penyakit anemia aplastik, penyakit myelofibrosis, kelainan genetik, dan lain-lain.

Bila trombosit turun, cara Menaikkan trombosit dengan cepat bisa dilakukan dengan berbagai cara alami.