Find Us On Social Media :

Studi : Jaga Jarak dan Pakai Masker Cegah 1,5 Juta Kasus Covid-19

Jarak fisik atau jarak sosial terbukti mampu menghindari lebih banyak orang terinfeksi virus corona, studi.

GridHEALTH.id - Praktik menjaga jarak sosial atau social distancing dan pemakaian masker yang selama ini telah diterapkan masyarakat bukan sesuatu yang sia-sia.

Menurut studi yang digagas tim peneliti dari Universitas Texas (UT) MD Anderson, praktik tersebut efektif mencegah penularan kasus Covid-19.

Penelitian menganalisis penyebaran virus corona sebelum dan sesudah adanya kebijakan pemerintah di 46 negara yang memberlakukan aturan memakai masker dan menjaga jarak fisik/sosial

Aturan-aturan tersebut membantu mengekang kedekatan fisik orang dan mencegah lebih dari 1,5 juta kasus hanya dalam waktu dua pekan.

"Senang mengetahui bahwa orang-orang saling mengingatkan tentang jarak sosial dan beberapa analisis berbasis data menunjukkan dampak dalam beberapa bulan terakhir. Pada kenyataannya, ini menurunkan tingkat infeksi," kata dr Raghu Kalluri, profesor biologi kanker di UT MD Anderson dikutip dari laman Times Now News.

Hasil temuan tersebut dapat membantu pemerintah di negara-negara seluruh dunia dalam pembuatan kebijakan lebih lanjut, termasuk Amerika Serikat yang terdampak paling parah.

Baca Juga: Gelombang Baru Virus Corona Muncul, Pakar Sebut Physical Distancing Perlu Dilakukan Hingga 2022

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebabnya Mengapa Pasien Covid-19 Sulit Mencium Aroma

Sebabnya hingga saat ini belum ada vaksin atau pengobatan yang sudah benar-benar terbukti meluas mengatasi virus corona jenis baru itu.