Find Us On Social Media :

Tambah Lagi Gejalanya, Cegukan Terus Bisa Jadi Awal Covid-19

Cegukan terus-menerus tak berhenti bisa menjadi tanda awal terinfeksi Covid-19

GridHEALTH.id - Para ilmuwan dan peneliti di seluruh dunia bekerja siang dan malam untuk mengembangkan obat untuk Covid-19, upaya yang dipercepat juga sedang dilakukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang gejala rumit penyakit tersebut untuk diagnosis yang tepat waktu.

Asal tahu saja, jumlah kasus positif virus corona atau Covid-19 telah menyentuh angka 19 juta dan lebih dari 7,11.200 orang meninggal dunia karena penyakit yang sangat menular itu.

Perlu dicatat bahwa meskipun sebelumnya demam, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sesak napas dianggap sebagai ciri khas Covid-19  penyakit ini kadang muncul dengan gejala yang beragam hingga dijuluki penyakit 1000 wajah.

Meskipun beberapa ciri klinis dari virus corona baru mirip dengan penyakit pernapasan lainnya, virus ini juga menyebabkan gejala yang tidak biasa termasuk hilangnya rasa dan bau (tanpa hidung tersumbat), masalah mata, ruam kulit, masalah pencernaan ringan, dan bahkan pusing pada beberapa pasien. 

Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Emergency Medicine menunjukkan gejala baru Covid-19, yang dapat dianggap sebagai tanda pertama penyakit ini, yakni cegukan terus-menerus. 

Dalam penelitian tersebut, dokter dari Cook County Health, AS menguraikan laporan kasus seorang pria berusia 62 tahun, yang pergi ke unit gawat darurat rumah sakit setelah menderita cegukan terus-menerus selama empat hari. 

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung, Muncul Virus Tick Borne di China

Baca Juga: Semakin Bertambah Usia, Makanan Mengandung Antioksidan Perlu Diperbanyak

Cegukan terus-menerus juga dikenal sebagai cegukan. Pasien tidak memiliki riwayat penyakit paru-paru dan telah kehilangan berat badan sekitar 11 kilogram dalam empat bulan terakhir, bahkan tanpa mencoba diet.