Find Us On Social Media :

Dokter Ini Buktikan Pakai 6 Masker Sekaligus Tak Bikin Napas Sesak

Dokter Maitiu O Tuathail menunjukkan memakai masker wajah 6 lapis sekaligus tanpa kesulitan bernapas agar masyarakat mau memakai masker wajah di tengah pandemi Covid-19.

 

GridHEALTH.id - Seorang dokter asal Dublin, Irlandia, dr. Maitiu O Tuathail berusaha menunjukkan bahwa memakai masker wajah, bahkan sebanyak 6 lapis/masker tidak menurunkan kadar oksigen seseorang. Hal tersebut ia ungkapkan dalam video yang diposting ke akun media sosial Twitter.

Ketika pandemi Covid-19 terjadi, perdebatan seputar masker wajah dan keefektifannya dalam membatasi penyebaran virus menjadi semakin terpolarisasi.  

Melansir dari VT, Jumat (17/07/2020) di Amerika, banyak orang yang mengikuti rekomendasi kesehatan masyarakat atas pemakaian masker wajah.

Sementara masyarakat yang lain berpendapat bahwa mereka telah merusak kebebasan individu seseorang dengan meminta mereka memakai masker.

Ini juga terjadi di Indonesia dimana banyak masyarakat yang melepas maskernya, terutama semenjak pelonggaran wilayah diberlakukan.

Dokter Maitiu O Tuathail telah merilis sebuah video yang menunjukkan bahwa memakai masker wajah 6 sekaligus, tidak mengurangi kadar oksigen manusia. Ia masih bisa tetap bebas bernapas. Dia berkampanye agar masyarakat mau memakai masker wajah di tengah pandemi Covid-19.

Asal tahu saja, praktik menjaga jarak sosial atau social distancing dan pemakaian masker yang selama ini telah diterapkan masyarakat bukan sesuatu yang sia-sia.

Baca Juga: Kewalahan Hadapi Lonjakan Virus Corona, Jokowi Minta Ibu-ibu PKK Door to door Edukasi Masyarakat

Baca Juga: Vietnam Dulu Zero Covid-19, Sekarang Angka Kematian Berlipat Ganda

Menurut studi yang digagas tim peneliti dari Universitas Texas (UT) MD Anderson, praktik tersebut efektif mencegah penularan kasus Covid-19.