Find Us On Social Media :

Angka Terinfeksi di Indonesia Terus Naik, Sekadar Mengingatkan, Ini Protokol Kesehatan Covid-19 yang Wajib Dipatuhi

Rajin cuci tangan adalah salah satu protokol Covid-19 yang harus dipatuhi.

GridHEALTH.id - Hingga kini belum ada cara terampuh untuk mengalahkan pandemi Covid-19.  Namun, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk meredam meluasnya sebaran virus corona penyebab Covid-19.

Salah satunya, tetap berada di rumah atau mengisolasi diri ketika sakit. Apalagi bila sakitnya menuju pada gejala-gejala Covid-19. 

Ingat, hal ini merupakan bagian dari upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. Sadarilah tindakan ini bukan hanya menyoal kesehatan pribadi kita saja, tetapi juga orang banyak. Kita perlu menjaga diri dan orang-orang di sekitar. 

Masih banyak yang belum kita tahu mengenai virus corona. Satu hal yang pasti, virus ini sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lain.

Maka itu, di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini kita harus saling membantu. Untuk mengingatkan kembali, berikut protokol kesehatan Covid-19 yang harus ditaati masyarakat berdasarkan informasi yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19:

1. Jaga kebersihan tangan

Bersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, apabila permukaan tangan tidak terlihat kotor.

Namun, apabila tangan kotor maka bersihkan menggunakan sabun dan air mengalir. Cara mencucinya pun harus sesuai dengan standar yang ada, yakni meliputi bagian dalam, punggung, sela-sela, dan ujung-ujung jari.

Baca Juga: Peneliti Italia Temukan Penyintas Covid-19 Berisiko Alami Gangguan Jiwa

 

Baca Juga: Ingin Makan Lebih Sedikit Agar Langsing? Gunakan Piring Merah Ukuran Kecil

2. Jangan menyentuh wajah

Dalam kondisi tangan yang belum bersih, sebisa mungkin hindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut.

Ingat, tangan kita bisa jadi terdapat virus yang didapatkan dari aktivitas yang kita lakukan, jika tangan kotor ini digunakan untuk menyentuh wajah, khususnya di bagian yang sudah disebutkan sebelumnya, maka virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.