Find Us On Social Media :

Akun Epidemiolog dari UI Pandu Riono Diretas, Ada Masalah Apa?

Ahli epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono. Akun twitternya diretas. Apakah ada hubungannya dengan sikap kritisnya dalam mengawal penanganan Covid-19 di Indonesia?

GridHEALTH.id – Beberapa hari ke depan mungkin kita tidak akan mendapatkan info tentang perkembangan virus corona dari ahli wabah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono .

 

Sebab, akun miliknya  kini nonakti, setelah sebelumnya akun tersebut diretas pihak yang tak bertanggungjawab.

Dilihat di Twitter, akun milik Pandu Riono, @drpriono, kini sudah tak bisa diakses. Halaman tersebut hanya bertuliskan 'This account doesn’t exist' alias tak ada. Belum diketahui penyebab nonaktifnya akun ini.

Padahal, pantauan pada Selasa, (19/08/2020) sekitar pukul 22.04 WIB akun tersebut masih aktif, namun membagikan konten yang tak biasa.

Dalam postingannya itu, selain menuliskan kata-kata yang tidak biasa, turut dibagikan foto Pandu tengah bersama dengan seorang wanita. Belakangan Pandu membenarkan bahwa akunnya dihack alias diretas. "Ya di-hacked," ucap Pandu saat dikonfirmasi, Rabu (19/08/2020), dikutip dari Kompas.com

Pandu kerap vokal dalam mengawal penanganan virus corona di Indonesia. Ia kritis terhadap sejumlah aturan dan kebijakan terkait penanganan pandemi tersebut.

Baca Juga: Berubah Warna, Gugus Tugas Nasional Covid-19 Nyatakan Jawa Timur Kembali ke Zona Merah

Baca Juga: Banyak Vaksin Hampir Jadi, Ilmuwan Malah Cemas Bakal Muncul Persaingan Tak Sehat, 'Vaksin Bisnis yang Menggiurkan'

Namun, belum diketahui siapa yang meng-hack akun Pandu, serta motif di belakang aksinya tersebut, dan apakah terkait dengan sikap kritisnya atau tidak.