Find Us On Social Media :

Tak Tergantung Pada Satu Produsen, Malaysia Siap Bagikan Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Semua Warganya

Jika sudah tersedia, Malaysia siap memberikan vaksin Covid-19 gratis bagi seluruh warganya.

GridHEALTH.id – Semua negara harap-harap cemas tentang keberhasilan dan ketersediaan vaksin virus corona yang di beberapa negara produsen kini sudah memasuki uji tahap klinis pada manusia.

Tak terkecuali Malaysia. Negara tetangga ini sudah mempersiapkan berbagai langkah dan kemungkinan jika vaksin Covid-19 sudah ditemukan, termasuk berkomitmen untuk memberikan vaksin Covid-19 secara cuma-cuma kepada semua warganya. 

Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi, Khairy Jamaluddin mengatakan pihaknya akan merekomendasikan kabinet untuk memberikan vaksin Covid-19 secara gratis.

"Kabinet belum memutuskan, tetapi rekomendasi saya adalah setelah kami membeli vaksin Covid-19, vaksin itu harus diberikan kepada semua orang Malaysia secara gratis," ujarnya dalam konferensi pers pada Rabu (19/08/2020), mengutip kantor berita Malaysia, Bernama. 

Khairy mengatakan, Malaysia saat ini dalam tahap pembicaraan dengan China mengenai potensi menyepakati nota kesepahaman untuk memastikan akses ke vaksin Covid-19 saat terbukti aman digunakan. 

Selain China, Malaysia juga mencari produsen vaksin lainnya karena tak ingin bergantung pada satu negara produsen saja.  

Baca Juga: Akun Epidemiolog dari UI Pandu Riono Diretas, Ada Masalah Apa?

Baca Juga: Berubah Warna, Gugus Tugas Nasional Covid-19 Nyatakan Jawa Timur Kembali ke Zona Merah

"Divisi Regulator Farmasi Nasional di bawah Kementerian Kesehatan meminta data dari uji klinis untuk dibagikan sebelum pembelian dapat disetujui. Data itu akan memberi tahu kita apakah vaksin itu aman dan efektif," jelasnya.