Find Us On Social Media :

Studi Temukan Penyebab Risiko Kanker Meningkat Seiring Bertambahnya Usia

Risiko kanker meningkat seiring bertambahnya usia akibat residu menumpuk sisa metabolik yang disebut asam metilmalonat.

GridHEALTH.id - Saat tubuh kita mengubah makanan menjadi energi, mereka menghasilkan residu yang menumpuk seiring bertambahnya usia.

Penelitian baru menunjukkan bahwa salah satu cara membuang metabolik ini memainkan peran yang berpotensi mematikan dalam perkembangan kanker .

 

Penemuan ini menambah pengetahuan tentang cara-cara di mana proses penuaan mempercepat peluang kita untuk mengembangkan kanker yang mematikan, tetapi juga menawarkan jalan potensial untuk memblokir tumor yang bermetastasis.

Studi yang diterbitkan di Journal Nature (20/08/2020), berkembang dari penelitian tentang metastasis, proses di mana sel kanker terlepas dari tumor awal dan membentuk tumor baru di tempat lain di tubuh.

Pengamatan sel-sel yang bermetastasis mengungkapkan sesuatu yang menarik - tingkat tinggi dari sesuatu yang disebut asam metilmalonat (Metil Malonat Acid/MMA), produk sampingan metabolik yang tampaknya terakumulasi seiring bertambahnya usia.

Untuk memeriksa apakah MMA mungkin berperan dalam metastasis, para ilmuwan memeriksa bagaimana sel tumor paru-paru dan kanker payudara berperilaku saat terpapar sampel darah yang diambil dari orang berusia 30 dan lebih muda, atau 60 tahun ke atas.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Pare Efektif Jadi Obat Diabetes dan Hentikan Sel Kanker Payudara

Baca Juga: Resep Warisan Nenek Moyang, Kunyit Ternyata Dapat Turunkan Gula Darah

 

Dalam 25 dari 30 sampel darah dari donor yang lebih muda, sel kanker tidak menunjukkan perubahan, tetapi pada 25 dari 30 sampel darah yang lebih tua, sel-sel tersebut mulai menunjukkan karakteristik yang berbeda.