Find Us On Social Media :

Apakah Terinfeksi Covid-19 Atau Hanya Flu Biasa, Ini Cara Ceknya

Kelelahan terus menerus dan tenggorokan terasa tak enak bisa jadi tanda terinfeksi Covid-19.

GridHEALTH.id - Jika setiap bersin atau batuk membuat kita jadi cemas dan khawatir, percayalah, kita tidak sendirian.  Dengan kepanikan yang melanda dunia, terutama dengan jumlah orang yang terinfeksi Covid-19 yang sekarang mencapai jutaan, penting untuk tetap tenang, tetap waspada dan memantau gejalanya. 

Seperti virus corona lainnya, virus corona yang menyebabkan Covid-19 ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan air (droplet) ketika orang yang terinfeksi bernapas, batuk, atau bersin. Itu juga dapat menyebar melalui permukaan yang terkontaminasi seperti pegangan pintu atau pagar.

Ilmuwan di China yang mempelajari usapan dari pasien yang terinfeksi mengatakan bahwa virus corona baru berperilaku seperti virus flu, sehingga menjelaskan penyebarannya yang mudah.

Spesialis penyakit menular dan virus memperkirakan bahwa setiap orang yang terinfeksi dapat menginfeksi, rata-rata, dua hingga tiga orang lainnya. 

Fakta bahwa infeksi Covid-19 memiliki masa inkubasi sekitar 14 hari atau lebih dan tidak menunjukkan gejala pada beberapa individu membuat hal ini mengkhawatirkan bagi kesehatan masyarakat. 

Jadi, jika panik tentang rasa gatal di tenggorokan atau pilek, berikut panduan praktis tentang perbedaan antara alergi, gejala flu dan flu, dan virus corona yang ditakuti. 

Baca Juga: Sudah Sembuh, Pasien di Belgia dan Belanda Kambuh Lagi Covid-19

Baca Juga: Seorang Dokter Bagikan Resep Bagaimana Daun Sirih Bisa Luluhkan Diabetes

Baca Juga: 10 Minuman Terbaik Ini Ampuh Untuk Kurangi Risiko Serangan Jantung

Kasus ringan virus corona dan flu telah ditemukan menyebabkan gejala seperti pilek, menambah kebingungan.