Find Us On Social Media :

Penambahan Kasus Terendah di Seluruh Eropa, Swedia Ternyata Tak Pernah Terapkan Lockdown, Ini Rahasia Suksesnya

Meskipun Swedia tidak pernah menerapkan lockdown, namun kasus aktif Covid-19 termasuk rendah karena warganya patuh menjaga jarak.

GridHEALTH.id - Dikutip dari Reuters (09/09/2020), tanpa menerapkan lockdown Swedia kini mencatatkan rekor penambahan kasus positif terendah sejak awal pandemi. Dari 120 ribu warga yang di tes, hanya 1,2% yang dinyatakan positif.

Asal tahu saja, Swedia merupakan salah satu negara di Eropa yang tidak menerapkan lockdown sejak awal pandemi virus corona meluas.

"Tujuan dari pendekatan kami adalah agar masyarakat itu sendiri memahami kebutuhan untuk mengikuti rekomendasi dan pedoman yang ada,” kata Direktur Jenderal Badan Kesehatan Swedia Johan Carlson.

Langkah pemerintah Swedia yang tidak menerapkan lockdown sempat menuai banyak kritik karena jumlah warga yang meninggal akibat Covid-19 tinggi. Namun kini, kebijakan Swedia itu mendapat pujian salah satunya dari WHO.

Carlson mengatakan Pemerintah Swedia sejak awal pandemi telah merancang pedoman yang mudah dipahami dan dipertahankan untuk jangka waktu yang lama.

“Tidak ada trik lain sebelum ada tindakan medis, terutama vaksin. Penduduk Swedia telah mengambil kebiasaan baru ini dengan sepenuh hati,” imbuh Carlson.

Baca Juga: Pendiri Kompas Gramedia Group Jakob Oetama Wafat, Gaya Hidup Sehat yang Selalu Dikenang, Penyuka Tahu Tempe yang Selalu Makan Tepat Waktu

Baca Juga: Uji Klinis Vaksin covid-19 Asal Inggris Ditunda Setelah Seorang Relawan Sakit Setelah Disuntik

Seorang peneliti dari Institut Karolinska, Swedia, juga mengatakan kebijakan jaga jarak berhasil menekan penyebaran virus corona.