Find Us On Social Media :

Kadar Trigliserida Tak Boleh Tinggi, Begini Cara Menurunkannya

Jalan cepat atau jogging adalah olahraga yang direkomendasikan sebagai salah satu cara menurunkan kadar trigliserida yang tinggi di dalam tubuh.

 

GridHEALTH.id -Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah. Trigliserida dihasilkan oleh organ hati, namun sebagian besar berasal dari makanan, seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega.

Lemak dari makanan yang dikonsumsi akan dipecah dan diubah menjadi energi. Setiap lemak yang tidak digunakan tubuh, akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan di sel lemak. Ketika dibutuhkan, trigliserida akan dilepaskan untuk digunakan sebagai energi.

Ketika asupan trigliserida dari makanan melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh, akan terjadi peningkatan kadar trigliserida dalam darah.

Trigliserida yang tinggi diduga dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah, sehingga berisiko terjadi stroke dan serangan jantung.

Cara utama untuk mengatasi kadar trigliserida yang tinggi adalah dengan mengkonsumsi diet sehat dan berolahraga secara teratur. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat membantu menjaga kadar trigliserida;

1. Berolahraga secara teratur

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar trigliserida adalah dengan berolahraga secara teratur. Pilihlah olahraga yang membuat jantung berdetak lebih cepat (olahraga kardio)

Berolahragalah selama setidaknya 30 menit setiap harinya atau 5 hari seminggu.Berjalan cepat setiap harinya merupakan salah satu jenis olahraga.