Find Us On Social Media :

Jangan Abaikan Ruam di kulit, Jika Cirinya Seperti Ini Baiknya Swab

Ilustrasi - Ruam

GridHEALTH.id - Seorag dokter menemukan gejala lain dari infeksi virs corona, Covid-19.

Pada pasien Covid-19, seorang dokter kulit menemukan sebuah ruam misterius pada kulit pasiennya.

Ruam tersebut biasa muncul di orang yang ternyata terinfeksi virus corona tapi tidak menunjukan gejala apapun, alias OTG.

Baca Juga: Angka Kesembuhan Covid-19 Indonesia Lebih Tinggi Dibanding Dunia, Ahli Epidemiologi: 'Itu Bukan Indikator Pengendalian Wabah'

Diterbitkan di American Journal of Clinical Dermatology, ulasan berbasis bukti ilmiah menunjukkan kalau ruam kulit ternyata memengaruhi satu dari lima pasien Covid-19.

Saat negara Italia mengalami kasus virus corona melonjak tajam, sekitar Maret, studi observasi kecil terhadap 88 pasien menunjukkan, 20,4% dari mereka mengembangkan beberapa bentuk kondisi kulit yang diduga terkait dengan Covid-19.

Baca Juga: PSBB Dilonggarkan, Epidemiolog Ingatkan Bahaya Superspreader Penyebaran Covid-19

“Ada kemungkinan bahwa pasien Covid-19 pada awalnya mungkin muncul ruam kulit. Tapi keluhan tersebut mendapat salah diagnosa, sehingga menjadi penyakit umum lainnya,” lapor Beuy Joob, PhD, dari Sanitation1 Medical Academic Center di Bangkok.

Para peneliti di Spanyol telah melaporkan jenis ruam lain pada kulit, yang satu ini ditemukan di mulut pasien positif Covid-19 di rumah sakit.

Baca Juga: Prediksi Bill Gates Prihal Covid-19 Makin Suram di Musim Gugur