Find Us On Social Media :

Kelebihan Protein Hewani Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Sumber protein hewani. Batasi konsumsinya agar terhindar risiko terkena diabetes tipe 2.

GridHEALTH.id - Mereka yang sering makan sumber protein, utamanya dari hewani, lebih berisiko menyandang diabetes tipe 2 di kemudian hari, menurut sebuah penelitian terhadap orang dewasa Eropa.

Studi baru ini tidak secara acak menugaskan peserta untuk makan jumlah protein yang berbeda, yang akan menghasilkan bukti terkuat.

Sebaliknya, studi ini membandingkan pola makan orang-orang yang kemudian mengembangkan diabetes  dengan mereka yang tidak terkena penyakit tersebut. Temuan penelitian ini sejalan dengan penelitian lain sebelumnya.

"Beberapa penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa asupan protein total yang lebih tinggi, terutama protein hewani, dikaitkan dengan risiko jangka panjang terkena diabetes," kata Dr. Frank Hu, dari Harvard School of Public Health di Boston, dikutip dari The Daily Sabah (13/10/2020).

Hu, yang tidak terlibat dalam studi baru ini, meneliti pencegahan diabetes melalui pola makan dan gaya hidup.

"Jumlah besar protein hewani berasal dari daging merah dan daging olahan, yang secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes," tambahnya.

Baca Juga: Jerawat yang Tidak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Gejala Awal Diabetes

Baca Juga: 4 Alasan Medis Mengapa Wanita Enggan Bercinta, Masalah Hormonal Hingga Operasi Panggul

Untuk studi baru ini, para peneliti memeriksa data dari studi besar sebelumnya terhadap orang dewasa di delapan negara Eropa selama 12 tahun.