Find Us On Social Media :

5 Cara Menangkal Kantuk Setelah Makan Siang, Gerak Fisik Hingga Banyak Minum

Kita dapat melakukan sejumlah cara yang mudah agar tubuh tak lemas dan mengantuk setelah makan siang.

GridHEALTH.id - Sehabis makan siang, sering mata terasa berat dan mengantuk untuk diajak beraktivitas. Hal ini dapat membuat rencana kita untuk menyelesaikan sejumlah hal, terutama saat di kantor, jadi terhambat.

Untuk menghindari hal tersebut, kita dapat melakukannya dengan sejumlah cara yang mudah agar tubuh tak lemas setelah makan siang;

1. Bergerak badan

Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah di tubuh, memperlancar suplai oksigen dan nutrisi ke jaringan otot dan meningkatkan energi tubuh secara alami. Kita bisa mencoba naik-turun tangga selama 5 menit untuk memanaskan tubuh.

2. Mengunyah permen karet

Sebuah penelitian di St Lawrence University menemukan bahwa siswa yang mengunyah permen karet tepat sebelum ujian memiliki daya ingat yang lebih baik.

Namun jangan lakukan itu secara berlebihan, karena para peneliti menemukan bahwa mengunyah permen karet selama lebih dari 15 sampai 20 menit benar-benar dapat menurunkan stimulasi mental.

Baca Juga: Langsung Mengantuk Usai Makan, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebabnya Mengapa Pasien Covid-19 Sulit Mencium Aroma

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dikatakan dapat meningkatkan kerja kognitif. Para ilmuwan menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membuat peserta studi menyelesaikan lebih banyak pertanyaan sesuai waktu yang ditentukan, dan mendapatkan lebih banyak jawaban yang benar.