Find Us On Social Media :

Rusia Klaim Vaksin Covid-19 Sputnik V Produksinya 95% Efektif

Seorang perawat di rumah sakit pemerintah di Moscow sedang mempersiapkan vaksin Covid-19 Sputnik V untuk disuntikkan kepada relawan.

GridHEALTH.id - Tak mau kalah dengan vaksin Covid-19 Moderna keluaran Amerika Serikat yang diklaim 95% efektif, Rusia juga tak mau kalah.

Pemerintah Rusia hari Selasa (24/11/2020), dikutip dari kantor berita Rusia TASS mengatakan, vaksin Covid-19 Sputnik V produksi negaranya 95% efektif menurut analisis sementara dari data uji klinis tahap dua.

Vaksin ini direncanakan akan tersedia untuk pasar internasional dengan harga kurang dari $ 10 atau setara 145 ribu Rupiah per dosis, dan akan gratis untuk warga Rusia.

Vaksin ini dapat disimpan pada suhu antara 2 dan 8 derajat Celcius, klaim Rusia, alih-alih suhu di bawah titik beku yang diperlukan untuk beberapa vaksin lain.

Penghitungan efektivitasnya didasarkan pada data awal yang diperoleh 42 hari setelah dosis pertama, menurut pusat penelitian Gamaleya yang dikelola negara dan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa vaksin telah menunjukkan keefektifan 91,4% 28 hari setelah dosis pertama, angka yang didasarkan pada 39 kasus.

Baca Juga: Dengan Alasan Eksperimen, Seorang Dokter di Rusia Tangani Pasien Covid-19 Tanpa Pakai Masker dan APD

Baca Juga: Kebanyakan Gula Atau Kebanyakan Garam, Mana Lebih Berbahaya?

Empat puluh dua hari kemudian, setelah dosis kedua, data menunjukkan "kemanjuran vaksin di atas 95%."