Find Us On Social Media :

Skotlandia, Wilayah Pertama di Dunia yang Membagikan Pembalut Gratis

Skotlandia menjadi wilayah pertama di dunia yang memberikan tampon dan pembalut wanita gratis bagi yang membutuhkan.

GridHEALTH.id - Anggota parlemen Skotlandia dengan suara bulat mengesahkan undang-undang yang akan membagikan pembalut secara gratis bagi siapa saja yang membutuhkannya, yang menurut juru bicara pemerintah setempat menjadikannya negara pertama yang melakukannya. 

Anggota parlemen di Parlemen Skotlandia dengan suara bulat menyetujui RUU Jumat malam (27/11/2020) yang akan mewajibkan pemerintah daerah untuk memberikan akses gratis ke barang-barang seperti tampon dan pembalut wanita. 

Monica Lennon, seorang anggota parlemen dari oposisi Partai Buruh, telah berkampanye melawan "kemiskinan periode" - ketika seseorang yang membutuhkan produk sanitasi tidak mampu membelinya - sejak 2016.

Dia menggambarkan undang-undang tersebut sebagai "praktis dan progresif," terutama selama pandemi virus corona berlangsung. 

"Haid tidak berhenti untuk pandemi dan upaya untuk meningkatkan akses ke tampon dan pembalut penting. Ingat, banyak wanita yang tidak berdaya secara ekonomi akibat pandemi (virus corona),"kata Lennon.

Lennon bangga, pemerintah daerah Skotlandia (di bawah Kerajaan Inggris Raya), bergerak dengan cepat dalam waktu singkat untuk merespons usulan ini.

Baca Juga: Waduh, Menurut Survei Murid Perempuan Indonesia Malas Mengganti Pembalut, Padahal Ini Risikonya!

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu, Siklus Haid Teratur Perbesar Peluang Kehamilan

RUUnya disahkan dalam suara 121-0 setelah memenangkan dukungan dari pemerintah Skotlandia dan partai oposisi lainnya di badan legislatif di Edinburgh.