Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Menyimpan Madu Asli Agar Tahan Lama dan Tak Mengkristal

Madu adalah salah satu makanan yang sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, tetapi menyimpannya harus benar.

GridHEALTH.id - Madu adalah salah satu makanan yang sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Dalam berbagai budaya selama berabad-abad, cairan manis ini telah digunakan dalam banyak keperluan pengobatan.

Salah satu yang paling dikenal adalah penggunaan madu dalam pengobatan Ayurveda sela sebagai obat pencernaan dan ketidakseimbangan pada tubuh.

Sebuah temuan yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences tahun 2013 juga menunjukkan bahwa madu telah digunakan oleh manusia sejak 8.000 tahun lalu. Hingga masa kini pun, madu masih dipercaya punya banyak manfaat untuk tubuh.

Di masa modern, madu juga digunakan sebagai pelengkap makanan dan minuman. Maka itu tak heran di hampir semua rumah tangga menyetok madu di rumah untuk toping kue sampai diseduh menjadi minuman.

Madu mengandung gula yang tinggi dan kadar air rendah. Madu juga bersifat asam dan mengandung zat antibakteri hidrogen peroksida.

Baca Juga: Madu Boleh Dikonsumsi Penyandang Diabetes Namun Perhatikan Takarannya

Baca Juga: 2 Tatalaksana Pengobatan Hipertensi Bagi Pasien Penyakit Jantung di Masa Pandemi Covid-19

Ketiga kandungan tersebut membuat madu tahan lama, tetapi cara menyimpannya harus benar.