Find Us On Social Media :

Lewat Konsumsi Pil KB, Wajah Jadi Lebih Cantik dan Mulus

Penggunaan pil KB terbukti ampuh untuk mengobati bahkan mencegah munculnya jerawat pada wajah

GridHEALTH.id - Isu pil KB membuat wajah berjerawat, tak jarang membuat perempuan ragu untuk menggunakannya. Padahal, mitos ini tidaklah benar.

Justru, penggunaan pil KB terbukti ampuh untuk mengobati bahkan mencegah munculnya jerawat pada wajah. Beberapa pil KB yang beredar di pasaran saat ini memiliki kandungan progesteron yang  bersifat anti-androgenik seperti drospirenone atau cyproterone acetate.

Sebagai informasi, anti-androgenik merupakan jenis obat yang mampu menurunkan kadar hormon androgen, yang kerap memicu terjadinya jerawat pada wajah.

Melalui konsumsi kandungan drospirenone pada pil KB kombinasi, hormon akan kembali stabil dan frekuensi kemunculan jerawat dapat ditekan.

Dr. Aleksandar Krunic, dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, Chicago, juga pernah melakukan penelitian mengenai manfaat pil KB kombinasi.

Dari penelitian  yang dimuat di  Journal of the American Academy of Dermatology, ini terungkap kombinasi kontrasepsi oral efektif bagi pengobatan jerawat wajah pada perempuan.

Baca Juga: Ragam Manfaat Pil KB: Pemberdayaan Perempuan Hingga Cegah Kanker

Baca Juga: Mengapa Rambut Tetap Perlu Diminyaki Meski Sudah Tebal dan Berminyak? Ini Alasannya

Pada akhir penelitian tercatat berkat pil KB tersebut sekitar 11% perempuan benar-benar terbebas dari jerawat dan wajahnya tampak bersih dari luka jerawat.