Find Us On Social Media :

Ragam Manfaat Pil KB: Pemberdayaan Perempuan Hingga Cegah Kanker

Penggunaan pil KB salah satunya akan membantu perempuan untuk mencegah terjadinya kehamilan tak direncanakan.

GridHEALTH.id - Bila mendengar kontrasepsi, boleh jadi informasi yang ada di benak kita adalah alat atau obat untuk mencegah kehamilan.

Oleh karena itu, sebagian besar perempuan yang menggunakan kontrasepsi rata-rata sudah memilih 2-3 anak.

Hal ini pun dibuktikan dari penelitian yang dipublikasikan di jurnal F1000 Research pada 2020.

Dari riset tersebut, rata-rata perempuan Indonesia menggunakan kontrasepsi karena tidak ingin menambah momongan dan merasa sudah memiliki anak cukup banyak.

Padahal manfaat kontrasepsi tak cuma mencegah kehamilan. Selain mencegah kehamilan, kontrasepsi dapat pula bermanfaat bagi kesehatan dan pemberdayaan perempuan.

Sayangnya, manfaat ini belum tersampaikan  ke masyarakat. Sebab, berdasarkan riset tadi, sebagian besar perempuan Indonesia menerima informasi kontrasepsi dari televisi dan umumnya informasi kontrasepsi lebih banyak terkait pencegahan kehamilan.

Baca Juga: Bila Tepat Penggunaannya, Pil KB Paling Efektif Mencegah Kehamilan

Baca Juga: Hari AIDS Sedunia 1 Desember : Pasien Dengan HIV Jadi Terpinggirkan Selama Pandemi Covid-19, Padahal Termasuk Kelompok Rentan

Maka tak heran bila pemahaman kontrasepsi hanya sebatas untuk mencegah kehamilan. Bila ragam manfaat kontrasepsi diedukasikan dengan tepat, hak-hak perempuan dapat diperkuat. Kesehatan perempuan pun dapat turut terjaga.