Find Us On Social Media :

WHO Peringatkan Krisis Virus Corona Belum Berakhir di Tengah Peluncuran Vaksin Covid-19

Kemunculan vaksin Covid-19 bukan berarti pandemi virus corona akan berakhir. Masyarakat tetap diminta patuh dengan protokol kesehatan 3 M.

GridHEALTH.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa vaksin Covid-19 bukanlah senjata pamungkas untuk krisis virus corona, ketika Rusia mulai memvaksinasi pekerja berisiko tinggi pada Sabtu (05/23/2020) dan negara-negara lain bersiap untuk program serupa.

WHO memperingatkan tentang apa yang dikatakannya sebagai kepercayaan yang salah bahwa krisis Covid-19 telah berakhir dengan munculnya vaksin, hampir setahun setelah dimulainya pandemi yang telah menewaskan 1,5 juta orang di seluruh dunia.

"Vaksin tidak sama dengan nol Covid-19," Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan memperingatkan seraya menambahkan bahwa tidak semua orang akan dapat menerimanya awal tahun depan.

"Vaksinasi akan menambahkan alat utama, yakni diri kita sendiri (dengan 3M). Tapi dengan sendirinya, mereka (vaksin Covid-19) tidak akan melakukan pekerjaan itu."

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga memperingatkan terhadap "persepsi yang berkembang bahwa pandemi telah berakhir" dengan virus yang masih menyebar dengan cepat, memberikan tekanan yang sangat besar pada rumah sakit dan petugas kesehatan.

Pejabat kesehatan di Moskow mengatakan mereka telah membuka 70 pusat vaksin Covid-19 di ibu kota Rusia yang pertamanya akan ditujukan untuk sektor kesehatan, pendidikan, dan pekerja sosial.

Baca Juga: Lupakan Vaksin Covid-19 Sebagai Penyembuh Segalanya, Lebih Baik Simak 6 Tips dari Psikolog Klinis Tentang Hidup Tenang Tapi Waspada di New Normal

Baca Juga: Mengapa Zat Besi Wajib Bagi Ibu Hamil dan Menyusui ? Ini Alasannya

Peringatan WHO datang ketika Amerika Serikat mencatat rekor jumlah kasus Covid-19 untuk hari kedua berturut-turut pada hari Jumat (04/11/2020) dengan negara tersebut bersiap menghadapi apa yang disebut oleh Presiden terpilih AS Joe Biden sebagai "musim dingin yang gelap."