Find Us On Social Media :

Covid-19 Masuk Dalam 'Disease X', Ilmuwan Prediksi Masih Banyak Lagi Penyakit yang Bakal Muncul

Di masa mendatang, sejumlah penyakit menular berpotensi besar akan mewabah seperti pandemi Covid-19. Diramal sebagai 'Disease X'

GridHEALTH.id - Para ilmuwan dunia memprediksi akan adanya penyakit-penyakit lain yang dapat menyebabkan pandemi  yang akan dihadapi manusia setelah Covid-19.

Profesor emeritus dari Department of Emergency Medicine Arizona University, Amerika, Kenneth Iserson menyatakan bahwa di masa mendatang, sejumlah penyakit menular berpotensi besar akan mewabah seperti pandemi Covid-19.

Saat ini, sejumlah penyakit menular tersebut disebut sebagai 'Disease X', merupakan istilah untuk penyakit menular yang belum diketahui manusia.

"Ada kemungkinan penyakit menular yang tidak dikenal lainnya sudah bersirkulasi dan bisa memberikan implikasi dahsyat," kata Kenneth Iserson, dikutip dari The Straight Times.

Epidemiolog dari Griffith University, Australia, Dicky Budiman mengatakan, istilah Disease X sudah digunakan oleh World Health Organization (WHO) sejak tahun 2015. Istilah itu digunakan untuk sebuah penyakit yang belum diketahui.

“Penyakit X ini adalah nama untuk penyakit yang belum diketahui. Huruf X dalam bahasa Inggris sering dikaitkan dengan sesuatu hal yang belum diketahui, tapi dari tahun 2015, istilah ini sudah dipakai oleh WHO," ujar Dicky dikutip dari merdeka.com, Minggu (03/01/2021);

Baca Juga: WHO Resmi Menerima Pendaftaran Vaksin Covid-19 Pfizer - BioNTech untuk Penggunaan Darurat

Baca Juga: Fase Menopause Akan Dihadapi Semua Wanita, Perubahan Ini yang Bakal Terjadi Pada Organ Intim

Berikut fakta tentang ‘Disease X’ yang dikutip dari berbagai sumber;

1. Asal muasal ‘Disease X’ kebanyakan adalah virus

Ada sekitar 1,6 juta virus yang belum diketahui manusia. Dari jumlah itu, sekitar 827 ribu yang dinilai bisa menginfeksi manusia dan hanya 263 virus yang benar-benar bisa menginfeksi manusia.