Find Us On Social Media :

Apa yang Disembunyikan China? Dirjen WHO Tedros Kecewa Timnya Tak Bisa Masuk Untuk Mengusut Asal Muasal Virus Corona di Wuhan

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan kekecewaannya karena pemerintah China belum menerbitkan izin masuk bagi tim gabungan yang hendak meneliti sumber virus corona.

GridHEALTH.id – Misteri tentang munculnya virus corona untuk pertama kalinya di Wuhan, China, pada Desember 2019 akan semakin gelap bila pemerintah China menolak investigasi yang formal dan serius tentang hal ini.

Terbukti, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengungkapkan kekecewaannya karena ternyata pemerintah China belum menerbitkan izin masuk bagi tim gabungan yang hendak meneliti sumber virus corona.

"Saya mendapatkan informasi para pejabat China belum menyetujui izin bagi tim terpadu. Saya sudah mengontak pejabat senior pemerintah China dan menyatakan ini adalah misi utama bagi WHO saat ini," kata Tedros,  dilansir Reuters, Rabu (06/01/2020).

Tedros menyatakan masing-masing anggota tim investigasi WHO sudah berangkat menuju China dari negara masing-masing. Namun mereka tertahan karena pemerintah China belum menerbitkan izin.

"Saya sangat kecewa dengan kabar ini, karena dua anggota tim sudah berangkat dan ada beberapa yang tidak bisa berangkat di menit-menit akhir karena situasi ini," ujar Tedros.

Kepala Kedaruratan WHO, Mike Ryan, berharap pemerintah China tidak berlama-lama menerbitkan izin bagi tim inspeksi itu, karena misi tersebut sangat penting untuk mengungkap asal mula pandemi.

Baca Juga: WHO Peringatkan Virus Corona Tetap Ada, Siap Menjalin Kerja Sama Lagi Dengan USA

Baca Juga: Kisah Trio Sukses Taiwan, Vietnam dan Singapura Menjaga Covid-19 Mendekati Nol di Tengah Gelombang Kedua Virus Corona

"Kami meyakini dan berharap hal ini hanya persoalan birokrasi dan logistik yang bisa diselesaikan dengan segera. Kami meyakini hal ini akan selesai dalam beberapa jam," ujar Ryan.