Find Us On Social Media :

Makan Ini Sebelum Olahraga Membantu Membakar Kalori Lebih Banyak

Mengonsumsi jenis makanan yang tepat sebelum berolahraga membantu kita membakar lebih banyak kalori.

GridHEALTH.id - Mengisi tubuh sebelum latihan sama pentingnya dengan mengisi bahan bakar (makanan) setelah berolahraga.

Tetapi mengonsumsi jenis makanan yang tepat sebelum pergi berolahraga dapat membuat kita merasa lebih energik dan membantu kita membakar lebih banyak kalori, yang tentunya kita inginkan saat mencoba menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics melacak hasil olahraga dari 43 orang dengan berat badan normal yang sehat antara usia 18-35 tahun, berdasarkan makanan yang mereka makan sebelum berolahraga.

Selama berlangsungnya penelitian, pada pukul 09.00 beberapa partisipan diberikan control breakfast (CON) yang terdiri dari roti gandum, selai kacang dan jus jeruk. Kombinasi ini menghasilkan 30% lemak, 55% karbohidrat, dan 15% protein.

Kelompok lainnya mendapat makanan pengganti protein tinggi (HR-MR), yaitu campuran suplemen gizi protein kedelai, minyak zaitun dan susu rendah lemak. Kombinasi tersebut memiliki 27% lemak, 30% karbohidrat, dan 43% protein.

Baca Juga: Studi : Penumpukan Lemak di Dalam Tubuh Tak Selalu Buruk, Lemak Cokelat Malah Bisa Melindungi Tubuh dari Risiko Obesitas dan Diabetes

Baca Juga: Ini Dia Deretan Makanan dan Minuman Penyebab MetabolismeJadi Lambat

Pada pukul 10:20, semua peserta menyelesaikan sesi latihan sedang selama 40 menit di atas treadmill. Rasa lapar semua peserta dinilai pada siang hari.