Find Us On Social Media :

Ilmuwan Inggris Ngebut Selesaikan Semprotan Hidung Penghalang Covid-19

Ilmuwan Inggris sedang mempersiapkan Semprotan hidung penghalang Covid-19 an agar penyebaran virus corona bisa dikurangi.

GridHEALTH.id - Semprotan hidung penghalang Covid-19 yang dapat mencegah infeksi virus corona hingga dua hari sedang disiapkan untuk produksi massal oleh para ilmuwan di Universitas Birmingham dengan harapan dapat tersedia di apotek dalam beberapa bulan, demikian laporan The Sunday Telegraph (24/01/2021).

Dr Richard Moakes, peneliti utama studi tersebut, mengatakan kepada The Sunday Telegraph bahwa dia yakin dengan formula semprotan tersebut untuk membantu membebaskan masyarakat dari batasan jarak sosial dan "membuat sekolah berjalan kembali".

Semprotan hidung yang belum diberi nama ini dibuat dari bahan yang sudah disetujui untuk penggunaan medis, artinya aman digunakan oleh manusia dan tidak memerlukan persetujuan lebih lanjut.

Formulanya membantu mencegah infeksi dengan menangkap virus di hidung dan membungkusnya dengan lapisan yang tidak bisa lepas darinya.Sehingga disebut-sebut dapat menghalangi virus corona masuk ke tubuh.

Dampaknya akan aman bagi seseorang untuk menghembuskan napas - bahkan jika dihirup oleh orang lain - karena virus itu tidak aktif dan tidak berbahaya, lapor surat kabar tersebut.

"Sebagai produk over the shelf, kami telah berbicara dengan perusahaan yang hadir di jalan raya karena kami pikir mereka dapat mendistribusikannya secara efektif," kata Moakes.

Baca Juga: Jangan Lagi Menutup Hidung Ketika Bersin, Ternyata Bisa Bikin Stroke

Baca Juga: Kekuatan Genggaman Tangan Bisa Mendeteksi Risiko Diabetes Tipe 2

“Berdasarkan produknya, akan jauh lebih cepat sampai ke pengguna daripada obat baru. Saya yakin formulasi ini bisa memberi dampak. Tujuan kami adalah membuat dampak secepat mungkin, kami sangat ingin melihat ini terjadi pada musim panas, ”katanya.