Find Us On Social Media :

Ilmuwan Hasilkan Sel Punca Penghasil Insulin Untuk Diabetes Tipe 1

Dengan bantuan stem cell, penyandang diabetes tipe 1 tidak lagi waswas dengan pasien.

GridHEALTH.id - Teknik baru yang menumbuhkan sel penghasil insulin setelah dicangkok dapat menawarkan harapan baru untuk mengobati penyakit diabetes, terutama diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe 1, tubuh menyerang apa yang disebut sel beta di dalam kelompok di pankreas.

Sel beta ini sebetulnya bertanggung jawab untuk mengukur kadar gula dalam darah dan melepaskan insulin agar tetap stabil. Tanpa mereka, penderita diabetes harus mengandalkan suntikan atau pompa insulin.

Salah satu pengobatan yang dirancang untuk mengakhiri ketergantungan tersebut adalah melibatkan transplantasi pulau donor ke penyandang diabetes. Tetapi prosesnya dipersulit oleh beberapa kendala, termasuk kekurangan donor.

Pulau-pulau kecil juga sering gagal terhubung dengan suplai darah, dan bahkan ketika mereka melakukannya, seperti transplantasi lainnya, mereka dapat diserang oleh sistem kekebalan penerima, yang memandang sel sebagai penyerang.

Akibatnya, pasien harus minum obat yang menekan sistem kekebalan mereka, melindungi transplantasi mereka tetapi berpotensi membuat seluruh tubuh mereka terkena penyakit.

Baca Juga: Penyandang Diabetes Wajib Punya Glukometer Untuk Pemantauan Glukosa Darah Mandiri (PGDM) Agar Terhindar Dari Kematian

Baca Juga: Sejak Usia Dini Suka Minuman Manis Bikin Haid Datang Lebih Cepat

Dalam upaya untuk mengatasi beberapa tantangan ini, tim mencari untuk menemukan sumber lain untuk pulau dengan membujuk sel induk berpotensi majemuk terinduksi/coaxing induced pluripotent stem cells (iPS) untuk menghasilkan apa yang disebut tim HILOs (human islet-like organoids), atau organoid pulau-pulau seperti manusia.