Find Us On Social Media :

Penyintas Wajib Tahu, Ini Lamanya Antibodi Covid-19 Bertahan di Tubuh

Penyintas Covid-19 mempunyai antibodi Covid-19 selama 6 bulan.

GridHEALTH.id - Mereka yang terinfeksi Covid-19 lalu cukup beruntung sembuh, mempunyai kekebalan terhadap virus yang mengikuti pemulihan. Tapi berapa lama antibodi Covid-19 tersebut bertahan?

Sejumlah penelitian telah dilakukan di AS dan Eropa untuk menyelidiki pertanyaan ini, dan sementara umur antibodi dapat bervariasi, para peneliti memperkirakan sebagian besar pasien yang pulih memiliki kekebalan sekitar enam bulan dari Covid-19 yang disebabkan virus corona.

Studi terbaru, yang diterbitkan Rabu (10/02/2021) oleh para ilmuwan di Inggris, menemukan bahwa hampir semua orang yang sebelumnya terinfeksi Covid-19 memiliki tingkat antibodi yang tinggi selama setidaknya enam bulan yang kemungkinan besar dapat melindungi mereka dari infeksi ulang penyakit tersebut.

Para ilmuwan mengatakan penelitian, yang mengukur tingkat infeksi Covid-19 sebelumnya pada populasi di seluruh Inggris, serta berapa lama antibodi bertahan pada mereka yang terinfeksi, harus memberikan jaminan bahwa kasus infeksi ulang yang cepat akan jarang terjadi.

"Sebagian besar orang mempertahankan antibodi yang dapat dideteksi setidaknya selama enam bulan setelah terinfeksi virus corona," kata Naomi Allen, seorang profesor dan kepala ilmuwan di Biobank Inggris, tempat penelitian dilakukan, dikutip dari The Guardian (11/02/2021).

Di antara peserta yang dites positif terinfeksi Covid-19 sebelumnya, 99% mempertahankan antibodi terhadap SARS-CoV-2 selama tiga bulan, hasilnya menunjukkan. Setelah enam bulan penuh dalam penelitian ini, 88% masih memilikinya.

Baca Juga: Sistem Kekebalan Pasien Covid-19 yang Pulih Bisa Melawan Varian Virus Corona

Baca Juga: Polusi Udara Mempengaruhi Munculnya Risiko Diabetes Tipe 2, Studi

"Meskipun kami tidak dapat memastikan bagaimana hal ini berkaitan dengan kekebalan, hasil menunjukkan bahwa orang mungkin terlindungi dari infeksi berikutnya setidaknya selama enam bulan setelah infeksi alami," kata Allen.