Find Us On Social Media :

Polusi Udara Mempengaruhi Munculnya Risiko Diabetes Tipe 2, Studi

Polusi udara meningkatkan faktor risiko diabetes tipe 2

GridHEALTH.id - Tanpa disadari, korban global polusi udara pada diabetes cukup signifikan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juli 2018 di Lancet Planetary Health.

Diperkirakan 3,2 juta kasus diabetes secara global dapat dikaitkan dengan peningkatan polusi udara pada tahun 2016, dengan meningkatnya beban yang menimpa orang-orang yang tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

"Baru-baru ini polusi udara dianggap sebagai faktor yang berkontribusi terhadap munculnya risiko diabetes tipe 2 yang lebih besar," kata Tanya Alderete, PhD, asisten profesor di University of Colorado di Boulder yang mempelajari penyebab dan konsekuensi diabetes tipe 2.

Dr. Alderete mengungkap kesenjangan kesehatan untuk anak-anak Latin yang tinggal di perkotaan Los Angeles dari 2001 hingga 2012.

Ia menemukan bahwa peningkatan polusi udara meningkatkan faktor risiko diabetes tipe 2 seperti penurunan sensitivitas insulin dan penurunan produksi insulin pada anak-anak yang kelebihan berat badan dan obesitas. Temuannya dipublikasikan pada Juli 2017 di The Journal of American Diabetes Society.

Mengapa polusi begitu buruk? Polusi membawa partikel halus, termasuk logam dan racun lainnya, yang mengobarkan paru-paru dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: Polusi Udara dari Bahan Bakar Fosil Sebabkan 1 dari 5 Kematian Secara Global

Baca Juga: Infeksi Covid-19 Melambat Secara Global, Hampir 50% Dalam Sebulan

Beberapa ahli berhipotesis bahwa peradangan dari partikel halus dalam polusi udara meningkatkan risiko diabetes tipe 2.