Find Us On Social Media :

4 Penyebab Telinga Berdengung, Terbanyak Akibat Penyumbatan Kotoran

Tinnitus ditandai dengan adanya gejala bunyi berdengung atau berdenging yang timbul secara terus menerus.

 

GridHEALTH.idTelinga berdengung mengganggu aktivitas sehari-hari karena menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Selain itu, kondisi ini harus diwaspadai karena bisa jadi merupakan satu gejala penyakit tertentu.  

Dikutip dari Medical News Today, telinga berdengung disebut juga tinnitus, yang bisa berlangsung dalam waktu yang lama atau dalam waktu singkat.  Kondisi dapat terjadi di telinga kanan, telinga kiri, atau pada kedua telinga.

Tinnitus ditandai dengan adanya gejala bunyi berdengung atau berdenging yang timbul secara terus menerus. Ada beberapa penyebab telinga berdengung lainnya, di antaranya sebagai berikut:

1. Penumpukan kotoran telinga

Kotoran telinga atau serumen merupakan gumpalan lunak yang diproduksi secara alami oleh kelenjar minyak di liang telinga.

Gumpalan yang terdapat pada liang telinga berperan dalam melindungi telinga dan menghambat pertumbuhan kuman.

Zat ini juga berfungsi secara alami untuk mencegah debu lain masuk ke dalam telinga. Secara umum, kotoran telinga akan mengering dan keluar sendiri dari dalam telinga, namun dalam beberapa kasus, kotoran justru menumpuk dan menyumbat saluran telinga.

Baca Juga: Waspadai Tuli Mendadak di Usia Lanjut, Paling Banyak Menyerang Pria

Baca Juga: Polusi Udara Mempengaruhi Munculnya Risiko Diabetes Tipe 2, Studi

Kondisi penumpukan kotoran telinga ini juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya ialah penggunaan cotton bud yang bisa mendorong kotoran telinga semakin dalam.