Find Us On Social Media :

Temuan WHO : Sebelum Kasus Pertama Diumumkan di Wuhan, Sudah Ribuan Warga China Terinfeksi Covid-19

Ketua tim peneliti WHO Peter Ben Embarek mengatakan, Covid-19 lebih menyebar daripada yang diperkirakan sebelumnya pada bulan-bulan awal ditemukan pertama kali.

GridHEALTH.id - Investigasi dari tim peneliti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menemukan bukti wabah Covid-19 sebetulnya sudah meluas di China pada 2019.

Seorang peneliti ranking utama WHO mengonfirmasi bahwa mereka menemukan lebih dari 12 strain di Wuhan pada Desember 2019. Artinya virus itu lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Ketua tim peneliti WHO, Peter Ben Embarek, mengatakan kepada CNN seperti dilansir The Sun, bahwa tim menggunakan sampel genetik parsial dan mengidentifikasi kasus virus corona dari China pada Desember 2019.

Dengan data tersebut, peneliti ​​menemukan ada 13 varian berbeda Covid-19 di Wuhan pada Desember 2019. Embarek mengatakan penyelidikan menunjukkan Covid-19 lebih menyebar daripada yang diperkirakan sebelumnya pada bulan-bulan awal.

“Virus itu beredar luas di Wuhan pada awal Desember, yang merupakan temuan baru,” ungkap Embarek.

Ilmuwan China mengirim 174 kasus, dan 100 yang dikonfirmasi oleh tim WHO dalam pengujian laboratorium. Lalu 74 kasus lainnya didiagnosis dengan gejala lain.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Mengancam Kesuburan, Fakta Atau Hoak? Ini Kata Ahli

 

 Meski ada sekitar 200 kasus yang dicurigai, Embarek mengatakan kemungkinan masih ada lebih banyak kasus di sana.