Find Us On Social Media :

'Donor Super' Pada Terapi Plasma Bisa Menjadi Kunci Melawan Varian Covid-19, Kata Ahli

Berkat terapi plasma darah, pasien Covid-19 bisa lepas dari ventilator.

GridHEALTH.id - Sejak awal pandemi virus corona, orang yang sembuh dari Covid-19 telah menjadi sumber harapan, bukan karena mereka hidup lebih lama dari virus tetapi karena antibodi dalam darahnya.

Pada saat vaksin Covid-19 masih dalam tahap awal penelitian, terapi plasma  adalah pilihan terbaik yang tersedia setelah perawatan obat.

Para dokter dan peneliti berharap dengan mentransfer antibodi dari pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 dengan terapi plasma, sistem kekebalan tubuh pasien yang masih menderita penyakit tersebut bisa ditingkatkan.

Turki pertama kali mulai menguji terapi plasma untuk membantu pasien Covid-19 pada bulan April 2020 dan pihak berwenang menyebutnya sebagai pengobatan komplementer dan bukan pengobatan konvensional.

Para dokter dan ilmuwan yang terlibat masih belum mengetahui keefektifan pengobatan dan dampaknya pada tingkat pemulihan, tetapi seorang ahli percaya itu bisa menjadi kunci untuk memerangi varian baru dan lebih menular yang bermunculan di seluruh dunia.

Berbicara kepada Anadolu Agency (AA), profesor Mehmet Ali Erkurt di Universitas Inönü di Istanbul, Turki, mengatakan sumbangan plasma dari pasien yang pulih dari varian mutan dapat membantu memerangi strain baru.

Baca Juga: Donor Plasma Konvalesen Untuk Selamatkan Nyawa Pasien Covid-19, Ini Syaratnya

Baca Juga: World Cancer Day 2021: Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker Prostat dengan Inovasi Biopsi Robotik

"Jika strain bermutasi menyebar di luar kendali, kami dapat mengumpulkan plasma dari mereka yang tertular strain berita ini dan sejak itu pulih. Kami telah menggunakan terapi plasma dalam perjuangan kami melawan virus corona.