Find Us On Social Media :

Benarkah Rahim Membesar Selama Periode Menstruasi? Cek Faktanya

Akibat nyeri perut yang sering kali terasa berat. banyak wanita mengira ini akibat rahim membesar selama periode menstruasi. Faktanya tidak.

GridHEALTH.id - Banyak pertanyaan seputar ukuran rahim yang benarkah membesar selama periode menstruasi akibat wanita sering merasakan nyeri perut yang 'luar biasa'.

Tidak sedikit wanita yang percaya, rahim wanita membesar hampir dua kali lipat ukurannya setiap bulan selama periode menstruasi.

Lugas, Dr. Safrir Neuwirth, seorang OB-GYN di CentraState Healthcare System di New Jersey, Amerika Serikat menjawab, "Jawaban sederhananya adalah tidak. Dalam 20 tahun praktik saya, saya tidak pernah melihat perubahan dalam ukuran rahim selama periode tersebut."

Ahli kebidanan dan kandungan lain, Dr. Kimberly Gecsi, yang berpraktik di University Hospitals Cleveland Medical Center, memiliki reaksi serupa. “Saya belum pernah mendengar apa pun tentang rahim yang membesar selama menstruasi wanita,” katanya.

Neuwirth menjelaskan bahwa ada peningkatan aliran darah ke rahim selama bulan tersebut, didorong oleh lonjakan hormon.

Lapisan rahim, yang keluar selama suatu periode, juga menebal sekitar setengah sentimeter menjelang hari pertama menstruasi.

Baca Juga: Beda Kista dan Miom, Gangguan Tumor Jinak Pada Organ Reproduksi Wanita

Baca Juga: LADA, Diabetes Autoimun Sering Keliru Diagnosis Mirip Diabetes Tipe 2

“Kombinasi kedua faktor tersebut mungkin sedikit meningkatkan volume rahim sebanyak 10 hingga 15% . Tapi tidak lantas membuatnya membesar sampai dua kali lipat,” kata Neuwirth dikutip dari Healthline.